Skip to main content

CONTOH LAPORAN PSG SMK


BAB I PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Pendidikan System Ganda (PSG) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan System Ganda (PSG)  dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Praktik Kerja Industri ini diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan System Ganda (PSG)  ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan tentang Pendidikan System Ganda (PSG) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Pendidikan System Ganda (PSG) adalah sebagai berikut :
         1.         Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
         2.         Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
         3.         Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
         4.         Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekol

1.2    Metode Pengumpulan Data
Di dalam sub bab ini penulis menjelaskan tentang cara pengumpulan data untuk menyusun laporan ini. Adapun cara untuk mendapatkan data informasi tersebut yaitu:
    1.2.1 Praktek

yaitu secara langsung melihat kenyataan yang terjadi pada perusahaan sehingga dapat menarik   suatu kesimpulan yang dibuat dalam bentuk laporan kegiatan.
           
    1.2.2 Observasi

Yaitu melaksanakan secara langsung di perusahaan melalui teori yang kemudian diterapkan dalam bentuk kegiatan atau Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
    1.2.3 Interview

Yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan Tanya jawab secara langsung,hal ini di lakukan untuk memperoleh suatu informasi yang tepat dan jelas yangdibutuhkan di dalam penyusunan laporan.


1.3     Maksud dan Tujuan Prakerin
1.3.1 Maksud
            Maksud dilaksanakannya praktek kerja industri (PRAKERIN) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan selain sebagai salah satu syarat tugas akhir praktek kerja industri (PRAKERIN).Prakterk kerja industri (PRAKERIN) Juga sebagai kegiatan siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan,kreativitas dan keterampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negaradalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat,didukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang industry dan teknologiyang memaksa kita untuk terjun kedalam dunia industry,bisnis dan pedagangan.

      1.3.2 Tujuan
Tujuan utama dibuatnya laporan ini adalah untuk meningkatkan dan melatih kemampuan yang dimiliki dan bisa memecahkan masalah yang nyata terjadi di lapangan dan merupakan tugas akhir selama kami mengikuti Praktek Kerja Industri dan juga salah satu syarat bagi kami agar dapat mengikuti Ujian Akhir Nasional. Semoga dengan di selesaikannya laporan ini saya sebagai penulis berharap semoga bermanfaat.
1.4    Lokasi dan Waktu prakerin
1.4.1 Lokasi
Adapun lokasi pelaksanakan prakerin yaitu di CV. Technologi Computer jl otista no.149 sukabumi.
1.4.2 Waktu
Waktu pelaksanaannya yaitu dimulai pada tanggal 08 November 2011-05 Januari 2012








BAB II TINJAUAN UMUM
2.1  Sejarah singkat CV.Technologi Computer
Pada umumnya CV. Technology Komputer dipimpin oleh Diky Prawira Subagja. Pada tanggal 24 September 1990 Mulai di resmikan sesuai dengan berjalanya  waktu tumbuh dan berkembang, berbagai fasilitas standarisasi pelayanan di upayakan untuk memenuhi tingkat mutu pelayanan yang baik hingga pada tahun 1997,Perusahaan yang saya tempati ini bergerak di bidang service Monitor,Printer,Accessories,Perangkat Warnet,Network & Jaringan,transfer & editing foto dll.
3.1  Struktur Organisasi CV. Technology Computer











2.4 Visi dan Misi CV.Technology Computer
2.4.1 Visi
Perencanaan dan pengendalian pembangunan daerah yang terpadu dan terpecaya misinya, sebagai tempat kerja yang mempunyai tenaga kerja yang terampil dan handal pada tingkat menengah yang mampu mengimbangi pesatnya kemajuan iptek teknologi serta sanggup menghadapi era globalisasi.
2.4.2 Misi
           1. mempunyai tenaga kerja professional di bidang teknik komputer untuk
              memenuhi kebutuhan masyarakat.  
          2. menyediakan data perencanaan pembangunan yang mutakhir dan mudah                        
              di akses.
          3. melaksanakan pengkajian, perencanaan dan pengendalian       
               pembangunan daerah yang sinergis dan aplikatif.
         4.  menjadikan perusahaan CV.Technology Komputer pilihan utama 
              masyarakat.
         5.  menyelenggarakan tempat usaha yang efektif efisien dan berkualitas.



BAB III
PEMBAHASAN
1.              PENGINSTALAN WINDOWS 7 ULTIMATE
Nyalakan komputer, lalu masuk ke BIOS untuk mensetting awal Booting OS (operating system) setinglah bios pertama setting di MAIN, jika telah selesai masuk ke menu BOOT.
Rubahlah settingan awal booting tersebut ke CD ROM / DVD ROM, klik F5 menggunakan keyboard untuk memindahkan urutan booting 
Sebelum anda exit atau keluar dari BIOS, masukkan DVD windows 7 Ultimate. Kemudian tekan tombol F10 SAVE & EXIT (tergantung settingan BIOS). Maka system akan merestart komputer
Cara instal windows 7 lengkap dengan gambar adalah sebagai berikut ini (pastikan Anda mengikutinya langkah demi langkah)
1. Pastikan dari BIOS booting komputer Anda di setting untuk DVD
2. Masukkan DVD windows 7
3. Tekan sembarang tombol saat muncul Boot From CD Or DVD
4. Akan terlihat gambar seperti dibawah ini
5. Pilihlah Indonesian pada Language, time currency, and location
6. Tekan tombol install
7. Tunggulah beberapa saat proses ini
8. Centang pada I accept the license terms sebagai persetujuan penggunaan windows 7 kemudian klik next
9. Pilih saja custom (advanced) untuk memilih di drive mana windows 7 akan di install
10. Anda bisa mengatur drive sekaligus partisi pada step ini, saya sarankan bagilah hardisk Anda minimal 2 drive, satu untuk drive untuk windows 7 (C) dan satu drive untuk data (D) dengan memilih drive option, atau langsung saja tekan next dengan asumsi Anda akan mempartisi hardisk setelah instalasi windows 7 selesai.
11. Tunggulah proses ini beberapa saat

12. Secara otomatis windows akan restart



13. Setelah restart akan muncul gambar berikut ini

14. Tunggulah proses Setting up the services hanya beberapa saat saja
15. Instalasi akan dilanjutkan secara otomatis


16. Masukkan Nama User dan Nama Komputer sesuka Anda



17. Jika perlu password ketikkan passtwordnya 2 kali atau kosongkan saja jika Anda tidak ingin mempassword user Anda


18. Masukkan product key serial number windows 7 Anda


19. Pilihlah level proteksi keamanan dari Microsoft
20. Atur Zona waktu Anda (untuk Indonesia +7 dari GMT)


21. Selamat, windows 7 Anda siap digunakan
Sampai disinilah penginstalan windows seven ultimate, sekarang komputr siap digunakan.






















2.      PENGINSTALAN DEVICE DRIVER
Agar mendapat perporma yang lebih baik untuk computer kita, alankahkah baiknya ita harus menginstal “device driver” terlebih dahulu.
Sebelum menginstal device drivernya, kita harus mengececk hardware mana saja yang belum terinstal drivernya.
1)      Pertama klik kanan my computer pilih manage
2)      Kemudian pilih “device manager”.
3)      Kotak device manager akan muncul, lihatlah hardware mana saja yang belum terinstal.

saya akan menerangkan cara bagaimana meenginstal “ device driver “.
1)      Klik kanan device yang akan  di install , kemudian klik kanan pilih “ update driver  software“
.












2)      Setelah update driver software pilih “Browse my computer for drivers software”.
3)      Kemudian klik browse
4)      Carilah driver itu, lalu klik OK.
5)      Kemudian klik next.

6)      Tunggulah sebentar sampai muncul icon driveritu muncul.
7)      Kmudian klik “close”
 
lakukan lah terus sampai di device manager tidak ada yang bertanda Tanya “ ?”. lakukan sampai selesai

3.      PENGINSTALAN MULTIMEDIA DAN APLIKASI
Sebelum mengnstal multi media kita akan menginstal Microsoft office terlebih dahulu.
1)     Microsoft  Office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi, diantaranya Microsoft Word (Pengolah Data), Microsoft Excel (Pengolah Angka), Microsoft Power Point (Presentasi), Microsoft Acces (Databases), dll.  ini sangat cepat perkembangannya, mulai dari Ms Office 95, Ms Office 97, Ms Office 2000, Ms Office 2003, Ms Office 2007, dan Ms Office 2010.
Marikita mulai penginstalan Microsoft office, dengan office 2007.
a.       Masukkanlah CD Master Microsoft Office 2007 pada CD/DVD ROM
2. Kemudian masuklah ke Explorer (Ctrl-E) dan Kliklah Icon CD/DVD ROM, setelah itu klik icon setup.

b.      Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini.




c.       Kemudian Installer akan meminta Anda mengisikan Product Key, isilah Product Key seperti yang terdapat pada CD Master Ms Office 2007 Anda.

d.      Selanjutnya Anda akan memilih Paket Installasi pada Ms Office 2007 yang akan di Install. Pilih Install Now (Menginstal semua paket aplikasi Ms Office 2007) atau Custumize (Memilih salah satu dari paket aplikasi pada Ms Office 2007).


e.       Kemudian Proses Installasi di mulai. Tunggulah beberapa menit untuk proses installasi ini.
f.       Proses Installasi selesai.
g.      Klik Close untuk menyelesaikan proses installasi.
h.       
2)      MULTI MEDIA
'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, dan  video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia.
a.       ACDSee adalah  image viewer  untuk  yang dikembangkan oleh. Versi terkini adalah 10. Selain fungsi  dan konversi jenis file, ACDSee juga memiliki fungsi presentation, burning, gallery creation, image folder syncing dan editing/indexing of image metadata seperti. Selain itu manipulasi gambar sederhana juga dapat dilakukan, misalnya cropping, scaling dan rotatin
b.      Adobe flash player adalah merupakan software yang ringan yang berfungsi menjalankan format flash seperti video pada facebook, streaming radio dan TV ,mendownload , sampai bermain game online.
c.       Adobe Photoshop adalah adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

d.      PhotoScape adalah sebuah perangkat lunak instant editing freeware yang dapat mengolah photo anda menjadi hasil karya yang artistic dalam waktu singkat.
e.       Corel draw adalah  desain grafis yang menyediakan tool-tool untuk pengolahan gambar berjenis vektor.bahwa gambar vektor tidak akan pecah walau gambarnya dizoom atau diperbesar.
f.       Winamp adalah suatu  buatan, yang sekarang merupakan suatu cabang. Winamp merupakan   atau shareware yang dapat memainkan berbagi codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi
g.      WinRAR adalah sebuah shareware pengarsipan dan kompresi oleh Eugene Roshal. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware.
WinRAR dapat mengkompresi/memadatkan file yg ingin di kompresi hingga 40%, misalnya file A berukuran 100MB di kompresi dengan WinRAR dapat menjadi hanya Setengahnya saja (50MB) , sehingga lebih sedikit memakan Storage.
 

h.      Adobe Acrobat adalah perangkat lunak pertama yang mendukung Portable Document Format (PDF) milik Adobe Systems, sejenis format data dokumen. Terdiri dari Adobe Reader yang hanya dapat menampilkan dan mencetak dokumen dan tersedia secara cuma-cuma, dan Adobe Acrobat untuk menyunting dokumen.
i.        GOM Player adalah perangkat lunak (software) yang dapat melihat atau mendengarkan berkas (file) video dan suara yang dapa diberikan efek khusus.[1] GOM Player memiliki fitur yang dapat memberikan efek equalizer pada suara yang akan dihasilkan, efek equalizer pada suara yang disediakan perangkat lunak ini antara lain Rock, Reggae, Party, Classical, Club, Dance, Full, Bass, dan sebagainya.[1]GOM Player menyediakan fitur skin yang dapat diubah dalam bentuk basic atau default. Fitur yang tidak kalah canggihnya yaitu adanya fasilitas Pan & Scan, Screen Capture, Advance Capture[1]. GOM Player dapat memutar banyak sekali jenis berkas termasuk AVI, MPEG, DivX, DAT, VOB, MP4, 3GP, RMVB, FLV, dan MOV
j.         

k.       




Comments

Popular posts from this blog

contoh proposal pengajuan

PROPOSAL PENGADAAN SARANA PRASARANA PENDUKUNG ORGANISASI SISWA  INTRA SEKOLAH (OSIS) SMK YASHIKA A.    Latar Belakang         Pembangunan nasional yang sedang dan akan dilaksanakan dewasa ini pada hakekatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia yang selaras, serasi, dan seimbang antara pembangunan fisik, material dan mental spritual. Hal ini berarti bahwa pembangunan yang kita laksanakan tidak mengejar kemajuan lahiriah saja, melainkan keselarasan dan keseimbangan antara keduanya, yaitu kebahagiaan lahir dan bathin.         Keikutsertaan manusian secara aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemeliharaan serta pengembangan hasil-hasil pembangunan merupakan salah satu kunci keberhasilan dari setiap upaya pembangunan.         Oleh karena itu, pendekatan dan metode untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan dan yang dapat memberi ruang bagi kepentingan dan inisiatif pembangunan yang bersu

contoh resume SaNLAT

BAB I PENDAHULUAN A. Latar belakang Makalah ini merupakan sebuah resume dari acara pesantren kilat ( Sanlat), makalah ini berdasarkan materi yuang di berikan pada acara tersebut. Kami membuatmenyimak langsung dari nara sumber yang memberikan materi, Di bulan ramadhan acara dengan sanlat ini sangat bagus, karna di kita dapat menambah ilmu dan ibadah di bulan puasaxa oleh karna itu kita harus memanfaatkan di bulan baik ini diantaranya tadarusan, dan lain sebagainya. Dalam acara ini kita dapat tau hal yang harus di lakukan pada bulan suci ramadhan ini. Faktor yang membuat penulis mengikuti pesantren kilat di sekolah: a. Menambah ilmu tentang agama b. Mengerti ahal yang harus dilakaukan di bulan ramadhan. c. penilaian lebih untuk mata pelajaran PAI. B. Tujuan dan manfaat 1. Di harapkan siswa lebih mengerti agama 2. Siswa dapat meningkatkan ibdah 3. Siswa mampuh membuat resume materi sanlat tersebut. C. Waktu dan tempat Waktu : jum’at 10 desember 2012 Tempat : ruang serbaguna YASHIKA

contoh panduan MOS

KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahiim     Puji syukur kita panjatkan kehadirat ilahi Rabbi, yang telah memberikan kekuatan kepada kita. Juga ahalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada nabi Muhammad Saw, kepada keluarga, shahabat serta pengikutnya. Amin.     Sebelumnya kami menghaturkan selamat datang di MA AL-HIKMAH dan SMK YASHIKA Cireundeu Nagrak Sukabumi bagi siswa-siswi baru.     Selanjutnya, berkat Inayah dan Taufik-Nya kami dapat menyusun buku panduan Ta’aruf bagi siswa/i baru MA AL-HIKMAH dan SMK YASHIKA tahun pelajaran 2012 - 2013 ini, dengan harapan kiranya buku ini dijadikan panduan bagi seluruh siswa-siswi yang akan menuntut ilmu di MA AL-HIKMAH dan SMK YASHIKA ini.     Ta’aruf ini, dimaksudkan agar terjadi saling mengenal antara siswa dengan siswa, siswa dengan Sekolah dan sebailknya. Dengan saling mengenal itu, proses pendidikan akan semaikn berpeluang besar pada pencapaian target yang diinginkan kedua belah pihak. Untuk mencapai fungsi dan peran Ta’aruf dalam keb